PROMOSI NIH....

Anda Tertarik....? MAU PESAN?

Souvenir Wisuda, Tutup tahun Siswa, gift envelope, Sticker,
or clik: http://goligog.wordpress.com/goligog-on-sale/

PEMESANAN:
Kami melayani pembelian dari seluruh wilayah Indonesia baik via telepon maupun email. Bila Anda menemukan kesulitan untuk berbelanja silahkan hubungi kami via telepon di : 0274-9574480 atau email kami di : aangoligog@yahoo.co.id untuk bantuan.

KEJUJURAN ADALAH MODAL UTAMA KAMI

14 Oktober 2008

Budi Mulia Dua Champion Kids" Digelar 7-9 September Lestarikan Budaya Asli Pencak Silat

Sabtu, 08 September 2007
"
SLEMAN, KOMPAS - Kejuaraan Wilayah Pencak Silat Tapak Suci "Budi Mulia Dua Champion Kids" Tingkat Sekolah Dasar se-DI Yogyakarta digelar di SMP Budi Mulia Dua, Ngemplak, Sleman, 7-9 September besok. Kejuaraan ini merupakan media pelestarian pencak silat sebagai budaya asli Indonesia, sekaligus upaya menjaring bibit unggul atlet daerah.
Lomba yang memperebutkan piala bergilir Menteri Pendidikan Nasional ini diikuti oleh 183 atlet putra dan putri dari 32 kontingen yang berasal dari berbagai sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, dan panti asuhan di Sleman, Kota Yogyakarta, Bantul, maupun Kulon Progo.
Secara khusus, kejuaraan ini juga menjadi ajang kompetisi pencak silat bagi para siswa SD, khususnya yang tergabung dalam Tapak Suci. "Kejuaraan ini memang menjadi wadah kompetisi bagi anak-anak. Apalagi, event kompetisi pencak silat bagi anak-anak usia SD masih jarang diselenggarakan. Terkadang, perlombaan untuk anak-anak disisipkan pada kejuaraan remaja usia SMP atau SMA. Namun, frekuensinya terbatas," kata pelatih Tapak Suci Sleman Dwi Yogo Mardiyanto, Jumat (7/9).
Karena memang tidak ada pertandingan pencak silat kelas khusus bagi anak usia SD, aturan pertandingan dalam kejuaraan wilayah pun disesuaikan dengan kemampuan anak-anak. "Perbedaan ada pada waktu tanding dan pengamanan tubuh," ucap Yono.
Pengamanan tubuh
Pada 10 kategori pertandingan di bagian putra dan delapan kategori pertandingan di bagian putri, pertandingan dimainkan dalam tiga ronde, masing-masing selama dua menit kotor. Untuk pertandingan pencak silat dewasa, masing-masing ronde berlangsung selama tiga menit.
Dari segi pengamanan tubuh, anak-anak memakai pengaman bagi dada dan kemaluan. Berbeda dengan pencak silat Tapak Suci dewasa yang tidak menggunakan pelindung karena memakai prinsip full body contact. Sampai saat ini, pencak silat sendiri masih banyak digemari sebagai olahraga dan seni bela diri yang dipelajari sejak anak-anak. Selain sisi positif yang dapat mematangkan perkembangan fisik dan psikologis anak, sertifikat juara dari kegiatan olahraga yang diikuti juga bisa menambah NEM.
SMP Budi Mulia Dua bahkan sudah memasukkan pencak silat sebagai pelajaran muatan lokal. "Selain mengembangkan pencak silat sebagai budaya asli, penting juga bagi anak-anak untuk belajar seni olah tubuh," kata Kepala SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta Junita Widiati Arfani. (DYA


http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0709/08/jogja/1042158.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Evaluasi dan perbaikan datangnya darimana saja dan siapa saja, termasuk ANDA! thanks.